SUNGGUH MULIA SESEORANG YANG MEMPUNYAI TUGAS SEBAGAI SEORANG GURU KARENA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA DAN NEGARA SERTA MEMPEROLEH AMAL JARIYAH

Sabtu, 17 Desember 2011

STRATEGI PEMBELAJARAN SIAPA SAJA YANG ADA DI KELAS?

Aktivitas pembuka yang terkenal ini merupakan perburuan atau pencarian benda. Perburuan ini bisa dirancang dalam sejumlah cara dan untuk ukuran kelas apapun. Cara ini membantu terbentuknya semangat tim dan memungkinkan adanya gerakan fisik semenjak awal pelajaran.

Prosedur:

1. Susunlah  6 hingga 10 pernyataan deskriptif untuk melengkapi frase: Carilah seseorang yang ……

Sertakan pernyataan yang mengidentifikasi informasi pribadi dan/ atau isi kelas. Gunakan sebagian dari penggalan kalimat awal ini:

Carilah seseorang yang ….

Menyukai ___________

Mengetahui apa itu ________

Menganggap bahwa _______

Mahir dalam hal _________

Telah ________

Termotivasi oleh ________

Percaya bahwa _________

Belakangan ini telah membaca buku tentang _______

Berpengalaman dengan _________

Tidak menyukai ________

Telah mempelajari _________

Memiliki usul yang baik untuk _________

Memiliki sebuah ________

Menginginkah atau tidak menginginkan ________

 2.  Bagikan pernyataan tertulis itu kepada siswa dan berikan perintah berikut ini:

Kegiatan ini tidak ubahnya perburuan binatang, namun yang kalian buru adalah orang, bukan binatang. Bila dikatakan “mulai”, berkelilinglah ke seputar ruangan kelas untuk mencari siswa yang cocok dengan pernyataan-pernyatan tertulis yang kalian pegang. Kalian bisa menggunakan masing-masing teman untuk satu pernyataan yang cocok, sekalipun dia cocok dengan lebih dari satu penyataan. Bila kalian sudah menemukan yang coco, tulislah nama depan teman kalian itu.

3.  Bila sebagian besar siswa sudah selesai, perintahkan untuk menghentikan perburuan dan kembali ke tempat duduk masing-masing.

4.  Anda mungkin perlu menawarkan hadiah penghargaan kepada siswa yang selesai paling duluan. Dan yang lebih penting, surveilah masing-masing butir pernyataan semua siswa. Perintahkan siswa untuk melalukan diskusi singkat tentang beberapa butir yang mungkin dap menstrulasi minat terhadap topik pelajaran.

VARIASI
  1. Hindarilah persaingan dengan cara mengalokasikan cukup waktu bagi semua siswa untuk menyelesaikan peburuan mereka.
  2. Perintahkan siswa untuk menemui teman-temannya dan mencari tahu seberap banyak kecocokan yang bisa didapatkan oleh tiap siswa.

0 komentar:

Posting Komentar