SUNGGUH MULIA SESEORANG YANG MEMPUNYAI TUGAS SEBAGAI SEORANG GURU KARENA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA DAN NEGARA SERTA MEMPEROLEH AMAL JARIYAH

Sabtu, 17 Desember 2011

STRATEGI PEMBELAJARAN SIAPA SAJA YANG ADA DI KELAS?

Aktivitas pembuka yang terkenal ini merupakan perburuan atau pencarian benda. Perburuan ini bisa dirancang dalam sejumlah cara dan untuk ukuran kelas apapun. Cara ini membantu terbentuknya semangat tim dan memungkinkan adanya gerakan fisik semenjak awal pelajaran.

Prosedur:

1. Susunlah  6 hingga 10 pernyataan deskriptif untuk melengkapi frase: Carilah seseorang yang ……

Sertakan pernyataan yang mengidentifikasi informasi pribadi dan/ atau isi kelas. Gunakan sebagian dari penggalan kalimat awal ini:

Carilah seseorang yang ….

Menyukai ___________

Mengetahui apa itu ________

Menganggap bahwa _______

Mahir dalam hal _________

Telah ________

Termotivasi oleh ________

Percaya bahwa _________

Belakangan ini telah membaca buku tentang _______

Berpengalaman dengan _________

Tidak menyukai ________

Telah mempelajari _________

Memiliki usul yang baik untuk _________

Memiliki sebuah ________

Menginginkah atau tidak menginginkan ________

 2.  Bagikan pernyataan tertulis itu kepada siswa dan berikan perintah berikut ini:

Kegiatan ini tidak ubahnya perburuan binatang, namun yang kalian buru adalah orang, bukan binatang. Bila dikatakan “mulai”, berkelilinglah ke seputar ruangan kelas untuk mencari siswa yang cocok dengan pernyataan-pernyatan tertulis yang kalian pegang. Kalian bisa menggunakan masing-masing teman untuk satu pernyataan yang cocok, sekalipun dia cocok dengan lebih dari satu penyataan. Bila kalian sudah menemukan yang coco, tulislah nama depan teman kalian itu.

3.  Bila sebagian besar siswa sudah selesai, perintahkan untuk menghentikan perburuan dan kembali ke tempat duduk masing-masing.

4.  Anda mungkin perlu menawarkan hadiah penghargaan kepada siswa yang selesai paling duluan. Dan yang lebih penting, surveilah masing-masing butir pernyataan semua siswa. Perintahkan siswa untuk melalukan diskusi singkat tentang beberapa butir yang mungkin dap menstrulasi minat terhadap topik pelajaran.

VARIASI
  1. Hindarilah persaingan dengan cara mengalokasikan cukup waktu bagi semua siswa untuk menyelesaikan peburuan mereka.
  2. Perintahkan siswa untuk menemui teman-temannya dan mencari tahu seberap banyak kecocokan yang bisa didapatkan oleh tiap siswa.

Kamis, 15 Desember 2011

STRATEGI PEMBELAJARAN BERTUKAR TEMPAT

Strategi ini memungkinkan siswa untuk lebih mengenal, berbagai pendapat da membahas gagasan, nilai-nilai atau pemecahan masalah baru. Ini merupakan cara yang luar biasa bagus untuk mengingkatkan keterbukaan diri atau bertukar pendapat secara aktif.

Langkah - Langkahnya :
  1. Berikan siswa satu buku catatan merek apa saja. (Putuskan apakah aktivitasnya akan berjalan lebih baik dengan membatasi siswa pada satu atau beberapa sumbangsaran)
  2. Mintalah mereka untuk menulis pada buku catatan tersebut salah satu dari hal-hal berikut:
  • Nilai-nilai yang mereka anut
  • Pengalaman yang mereka dapatkan belakangan ini
  • Gagasan atau solusi kreatif atas persolan yang Anda kemukakan
  • Pertanyaan yang mereka miliki tentang materi yang diajarkan di kelas
  • Pendapat mereka tentang topik yang Anda pilih
  • Fakta tentang mereka sendiri dan mata pelajaran di kelas
 3. Perintahkan siswa untuk melekatkan kertas catatan pada baju mereka dan berkeliling di sekitar ruang          kelas untuk saling membaca catatan mereka
4. Selanjutnya, perintahkan siswa untuk kembali ke kelompok masing-masing dan merindingkan pertukaran    catatan satu sama lain. Pertukaran itu harus didasarkan pada keinginan untuk memiliki nilai, pengalaman,    gagasan, pertanyaan, pendapat atau fakta tertentu dalam jangka pendek. Buatlah aturan bahwa semua    pertukaran harus berlangsung timbal-balik. Perintahkan siswa untuk melakukan pertukaran sesering mungkin.
5. Perintahkan siswa untuk kembali ke tempat masing-masing dan berbagi pengalan tentang pertukaran apa yang telah dia lakukan dan apa sebabnya. (Misalnya, “Saya bertukar catatan dengan Andi, yang isinya menjelaskan bahwa dia pernah mengunjungi Eropa Timur. Saya sungguh ingin berpergian ke sana karena saya memiliki leluhur dari Hungaria dan Ukrania.”)

Variasai
  1. Perintahkan siswa untuk membentuk sub kelompok, bukannya bertukar catata, dan suruhlan siswa mendiskusikan isi catatan mereka.
  2. Perintahkan siswa untuk menempelkan catatan mereka di tempat terbuka (misalnya papan tulis, whiteboard, dsb) dan diskusikan persamaan dan perbedaannya.


Selasa, 13 Desember 2011

STRATEGI PEMBELAJARAN RESUME KELOMPOK

STRATEGI INI DIMAKSUDKAN UNTUK MENJADIKAN SISWA AKTIF SEJAK AWAL
    

Resume biasanya menjelaskan hal-hal yang telah dicapai individu. Resume kelompok merupakan cara menarik untuk membantu siswa lebih mengenal satu sama lain atau melakukan semacam pembentukan tim yang anggotanya sudah saling mengenal. Aktivitas ini bisa sangat efektif jika resume itu sangat relevan dengan materi pelajaran yang anda ajarkan.’

Prosedurnya sebagai berikut:
  1. Bagilah kelas menjadi sejumlah kelompok beranggotakan 3 hingga 6 siswa
  2. Katakan kepada siswa bahwa aktivitas ini kana menggali bakat mereka dan merupakan pengenalan yang luar biasa.
  3. Katakan bawa satu cara untuk mengenali dan membanggakan sumber daya kelas adalah dengan membuat resume kelompok. (Anda mungkin perlu menunjukkan tugas atau kontrak imajiner yang akan ditawarkan kepada kelas)
  4. Berikan kertas koran dan spidol kepada kelompok untuk menunjukkan resume mereka. Resume ini harus mencantumkan informasi yang membanggakan kelompok secara keseluruhan, data-data berikut ini bisa disertakan di dalamnya:
  • Latar belakang pendidikan; sekolah yang sudah dimasuki
  • Pengetahuan tentang isi mata pelajaran
  • Pengalaman bekerja
  • Posisi yang diduduki
  • Keterampilan
  • Hobi, bakat, perjalanan, keluarga
  • Prestasi
     5. Perintahkan semua kelompok untuk menyajikan resume dan memaparkan semua sumber daya dalam  
         keseluruhan kelompok. Berikut adalah resume yang bisa dibuat oleh kelompok dalam pelajaran tulis 
         menulis bisnis.


Strategi ini bisa di vareasikan sebagai berikut :
  1. Untuk mempercepat kegiatan tersebut, berikan garis-garis besar resume yang telah dipersiapkan yang isinya menyebutkan informasi apa saja yang mesti dikumpulkan
  2. Perintahkan siswa untuk saling mewancarai tentang kategori yang Anda sediakan, bukannya meminta siswa menyusun resume sendiri.

Senin, 12 Desember 2011

BAGAIMANA MENJADIKAN SISWA AKTIF SEJAK AWAL

  1. Pembentukan Tim : Membantu siswa menjadi lebih mengenal satu sama lain atau menciptakan semangat kerjasama dan saling ketergantungan.
  2. Penilaian serentak : Mempelajari tentang sikap, pengetahuan, dan pengalaman siswa
  3. Pelibatan belajar secara langsung yaitu menciptakan minat awal terhadap pelajaran

Minggu, 11 Desember 2011

BAGAIMANA MEMBANTU SISWA MENDAPATKAN PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, DAN SIKAP SECARA AKTIF

  1. Proses belajar satu kelas penuh: Pengajaran yang dipimpin oleh guru yang menstimulus seluruh siswa
  2. Diskusi kelas: Dialog dan debat tentang persoalan-persoalan utama
  3. Pengajuan pertanyaan: Siswa meminta penjelasan
  4. Kegiatan belajar kolaboratif: Tugas dikerjakan secara bersama-sama dalam kelompok kecil
  5. Pengajaran oleh teman sekelas: Pengajaran yang dilakukan oleh siswa sendiri
  6. Kegiatan belajar mandiri: Aktivitas belajar yang dilakukan secara perseorangan
  7. Kegiatan belajar aktif: Kegiatan yang membantu siswa memahami perasaan, nilai-nilai, dan sikap mereka
  8. Pengembangan keterampilan: Mempelajari dan mempraktikkan keterampilan, baik teknis maupun non-teknis.

Sabtu, 10 Desember 2011

BAGAIMANA MENJADIKAN BELAJAR TAK TERLUPAKAN

  1. Peninjauan: Mengingat dan mengikhtisarkan apa yang telah dipelajari
  2. Penilaian diri: Mengevaluasi perubahan-perubahan pengetahuan, keterampilan atau sikap
  3. Perencanaan masa mendatang: Menentukan bagaimana siswa akan melanjutkan belajarnya setelah belajar berakhir
  4. Ungkapan Perasaan terakhir: Menyampaikan pikiran, perasaan, dan persoalan yang dihadapi siswa pada akhir pelajaran