SUNGGUH MULIA SESEORANG YANG MEMPUNYAI TUGAS SEBAGAI SEORANG GURU KARENA MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA DAN NEGARA SERTA MEMPEROLEH AMAL JARIYAH

Kamis, 15 Desember 2011

STRATEGI PEMBELAJARAN BERTUKAR TEMPAT

Strategi ini memungkinkan siswa untuk lebih mengenal, berbagai pendapat da membahas gagasan, nilai-nilai atau pemecahan masalah baru. Ini merupakan cara yang luar biasa bagus untuk mengingkatkan keterbukaan diri atau bertukar pendapat secara aktif.

Langkah - Langkahnya :
  1. Berikan siswa satu buku catatan merek apa saja. (Putuskan apakah aktivitasnya akan berjalan lebih baik dengan membatasi siswa pada satu atau beberapa sumbangsaran)
  2. Mintalah mereka untuk menulis pada buku catatan tersebut salah satu dari hal-hal berikut:
  • Nilai-nilai yang mereka anut
  • Pengalaman yang mereka dapatkan belakangan ini
  • Gagasan atau solusi kreatif atas persolan yang Anda kemukakan
  • Pertanyaan yang mereka miliki tentang materi yang diajarkan di kelas
  • Pendapat mereka tentang topik yang Anda pilih
  • Fakta tentang mereka sendiri dan mata pelajaran di kelas
 3. Perintahkan siswa untuk melekatkan kertas catatan pada baju mereka dan berkeliling di sekitar ruang          kelas untuk saling membaca catatan mereka
4. Selanjutnya, perintahkan siswa untuk kembali ke kelompok masing-masing dan merindingkan pertukaran    catatan satu sama lain. Pertukaran itu harus didasarkan pada keinginan untuk memiliki nilai, pengalaman,    gagasan, pertanyaan, pendapat atau fakta tertentu dalam jangka pendek. Buatlah aturan bahwa semua    pertukaran harus berlangsung timbal-balik. Perintahkan siswa untuk melakukan pertukaran sesering mungkin.
5. Perintahkan siswa untuk kembali ke tempat masing-masing dan berbagi pengalan tentang pertukaran apa yang telah dia lakukan dan apa sebabnya. (Misalnya, “Saya bertukar catatan dengan Andi, yang isinya menjelaskan bahwa dia pernah mengunjungi Eropa Timur. Saya sungguh ingin berpergian ke sana karena saya memiliki leluhur dari Hungaria dan Ukrania.”)

Variasai
  1. Perintahkan siswa untuk membentuk sub kelompok, bukannya bertukar catata, dan suruhlan siswa mendiskusikan isi catatan mereka.
  2. Perintahkan siswa untuk menempelkan catatan mereka di tempat terbuka (misalnya papan tulis, whiteboard, dsb) dan diskusikan persamaan dan perbedaannya.



0 komentar:

Poskan Komentar